HabbasyiOil.com

46 Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan

Harga Rp (Hubungi CS)

Detail Produk

Mau tahu produk Habbatussauda berkualitas dan paling laris? Klik Di Sini

Habbatussauda merupakan ramuan herbal yang memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesetahan tubuh. Habbatussauda atau yang dikenal dengan Jinten Hitam sejak dahulu kala menjadi obat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Habbatussauda juga memiliki nama ilmiah yaitu Nigella Sativa. Biji Jinten Hitam ini dihasilkan dari tanaman yang tumbuh di kawasan Jazirah Arab dan juga terdapat di benua Afrika.

Sudah banyak sekali penelitian yang menjelaskan secara ilmiah dan dipublikasikan dalam bentuk jurnal oleh para ilmuan mengenai manfaat dan khasiat Habbatussauda. Sebagian besar penelitian tersebut dilakukan oleh para ilmuan yang berasal dari benua Eropa. Bahkan negara besar seperti Jerman dan Autria turut serta mempromosikan pengobatan herbal dengan Habbatussauda.

Bagi umat islam, Habbatussauda menjadi obat herbal yang memiliki keistimewaan tersendiri. Bahkan sudah ada penjelasan dalam hadist shohih yang diriwayatkan oleh Ummu Salamah dari Abu Hurairah R.A, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Hendaklah kalian mengkonsumsi Habbatussauda, karena di dalamnya terdapat kesembuhan dari setiap penyakit, kecuali Saam. Sedangkan Saam artinya kematian”.

Habbatussauda mengandung zat-zat yang penting bagi tubuh, diantaranya ialah; vitamin, mineral, protein nabati, asam lemak tak jenuh, dan lain-lain. Habbatussauda mengandung Nigellon yang cukup tingggi sebagai zat anti oksidan alami, seperti; vitamin A dan vitamin C. Terkandung juga zat Glutathion yang berfunsi untuk menangkal radikal bebas.

Secara umum, Habbatussauda berkhasiat untuk mengobati segala jenis penyakit. Habbatussauda juga efektif untuk pencegahan, karena dapat meningkatkan imunitas dalam tubuh. Untuk lebih jelasnya, berikut kami informasikan kepada anda berbagai khasiat Habbatusauda bagi kesehatan tubuh:

1. Habbatussauda untuk mencegah kanker

Penelitian yang dilakukan oleh para ahli pada minyak Habbatussauda menunjukkan hasil yang positif terhadap kanker. Penelitian yang dipublikasikan di Brazillian Journal of Medical and Biological Research (2007) menunjukkan bahwa ekstrak habbatussauda (Nigella Sativa) memiliki efek yang cukup signifikan terhadap sel tumor. Di dalam penelitian tersebut, sel tumor yang diinjeksi dengan ekstrak habbatussauda berhenti tumbuh. Dan, setelah pemberian ekstrak selama 30 hari, habbatussauda mampu menghambat timbulnya pengembangan metafisis hati.

Berdasarkan jurnal lain yang diterbitkan Pada tahun 1998, dilaporkan bahwa, kandungan thymoquinone pada habbatussauda dapat memicu kematian sel apoptosis pada sel kanker kolorektal. Kandungan tersebut juga secara efektif dan signifikan bisa menghancurkan sel-sel yang sudah rusak untuk mencegah pertumbuhan sel inregular.

Ada bukti lain yang menyebutkan bahwa habbatussauda bisa mencegah kanker hati. Hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli kesehatan di Sri Lanka terhadap 60 tikus yang diberikan zat diethyl-nitrosamine. Yaitu sejenis zat yang dapat menyebabkan munculnya kanker. Setelah itu, sebagian tikus-tikus tersebut diberikan ekstrak habbatussauda. Dari hasil pengamatan, ditemukan bahwa efek kanker pada tikus tikus yang diberikan habbatussauda jauh lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak diberikan habbatussauda.

Beberapa bukti penelitian berikut ini akan menunjukkan bagaimana habbatussauda secara efektif mampu mencegah munculnya tumor maupun kanker.

A. Mencegah kanker hati dan usus besar

Disadur dari majalah Nutr Cancer 2003, hasil penelitian di Tanta-Mesir yang melibatkan 45 tikus, yang telah diberikan bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker usus besar. Dari 45 tikus tersebut, 30 tikus diberikan minyak habbatussauda melalui mulutnya (secara oral). Setelah 14 minggu, para peneliti tidak lagi melihat perkembangan kanker sama sekali baik di dalam usus, hati, dan ginjal tikus yang diberikan habbatussauda.

Ini menunjukkan bahwa minyak esensial habbatussauda memiliki manfaat yang sangat besar terutama dalam mencegah kanker usus besar dan kanker hati.

B. Habbatussauda mencegah kanker payudara

Penelitian lain yang diterbitkan di dalam majalah Bio Med Sci Instrum 2003 melaporkan bahwa, studi yang dilakukan oleh para peneliti di Mississippi USA menemukan, penggunaan ekstrak habbatussauda sangat efektif untuk menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Penelitian tersebut dikuatkan juga oleh penelitian lain yang dilakukan oleh Nasional University of Singapore. Hasil penelitian di Singapura tersebut menunjukkan bahwa ekstrak zat thymoquinone yang terdapat di dalam habbatussauda sangat efektif dalam mencegah kanker payudara dan mencegah munculnya tumor.

Dari penelitian yang dilakukan oleh Indian Institute of Technology Kharagpur, ditemukan bahwa, zat yang sama, yaitu zat zat thymoquinone, terbukti dapat mengatasi kanker payudara dan tumor karena adanya aktivitas anti-neoplastic.

C. Mencegah kanker mulut

Habbatussauda, juga menurut penelitian dapat mencegah kanker mulut. Karena zat thymoquinone bisa menginduksi sel apoptosis pada sel kanker mulut. Sehingga, perkembangan sel kanker mulut bisa dicegah.

D. Mematikan sel kanker serviks

Habbatussauda bisa membantu memicu apoptosis atau kematian sel dalam kanker serviks, bisa membantu memperlambat perkembangan pertumbuhan kanker, sekaligus menghentikan penyebaran kanker. Lagi lagi, kandungan thymoquinone (TQ), yaitu bahan aktif yang diekstrak dari habbatussauda, adalah yang bisa memunculkan efek inhibisi terhadap proliferasi dan migrasi sel kanker serviks.

2. Habbatussauda bisa mengatasi diabetes tipe 2

Diabetes Militus (DM) adalah salah satu penyakit yang banyak diderita di seluruh dunia. Ini merupakan penyakit pembunuh nomor 3, sehingga perlu diwaspadai. Menurut International Diabetes Federation (IDF), jumlah penderita diabetes di Indonesia mencapai 10 juta orang. Itu berarti Indonesia menempati peringkat ke-7 dengan jumlah penderita diabetes terbanyak di dunia.

Dari tahun ke tahun, penderita diabetes terus bertambah. Di tahun 2007 pertumbuhan penderita diabetes sekitar 5,7%. Namun pada tahun 2013, penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan jumlah penderita diabetes meningkat menjadi 6,9%.

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi diabetes adalah dengan menggunakan obat alami seperti habbatussauda. Dikutip dari buku Trio Herbal (redaksi Trubus, 2010) cara kerja habbatussauda untuk mengobati diabetes sangat mirip dengan thiazolidinedione. Thiazolidinedione adalah bahan aktif yang terdapat di dalam obat yang sering dikonsumsi oleh pasien diabetes.

Senyawa thiazolidinedione bisa memperbaiki sensitifitas insulin. Senyawa tersebut bekerja dengan cara mengaktifkan gen-gen yang dapat mempengaruhi metabolisme karbohidrat dan sintesa lemak, bisa juga menurunkan tekanan darah, meningkatkan kolesterol baik (HDL), dan menjaga kesehatan jantung.

Menurut penelitian dari Faculty of Medicine Jordan University of Science and Technology, Yordania, habbatussauda bisa membantu menghambat Aktivitas enzim glukosa-6-phospatase. Ini adalah enzim yang berperan dalam metabolisme produksi gula di dalam darah. Jika enzim tersebut bisa dihentikan, maka kadar glukosa di dalam darah pun akan menurun.

Dari hasil penelitian lain yang dilakukan oleh Tissera MHA et. al. pada tahun 1998, menunjukkan bahwa, terjadi penurunan kadar gula darah secara signifikan hingga mencapai 72,7% dari penderita diabetes yang mengkonsumsi minyak habbatussauda dengan dosis 2 x 2,5 ml perhari, yang diminum secara rutin selama 30 hari. Hasil penelitian tersebut bisa dilihat pada buku Habbatus Sauda Thibbun Nabawy yang ditulis oleh dr. Hendrik M. Kes.

Sebuah penelitian lain di Turki yang diterbitkan di majalah Tohoku J Exp Med (2003) melibatkan 50 ekor tikus yang mengidap penyakit diabetes. Penelitian tersebut dilakukan dengan membagi tikus menjadi dua kelompok. Tikus pertama diberikan habbatussauda selama 30 hari secara rutin. Sedangkan tikus sisanya hanya diberikan cairan mineral biasa.

Hasilnya, kelompok pertama dari tikus-tikus tersebut (yang diberikan minyak habbatussauda) mengalami penurunan kadar gula di dalam darah, mengalami peningkatan kadar insulin, dan mengalami peningkatan aktivitas sel-sel pankreas yang berfungsi untuk mensekresi insulin.

Penelitian lain yang diterbitkan di dalam Jurnal of Endocrinology and Metabolism menunjukkan bahwa habbatussauda yang dikenal juga dengan nama minyak jintan hitam bisa membantu proses regenarasi sel-sel pankreas untuk menjaga kestabilan kadar insulin dan mengurangi glukosa di dalam darah.

3. Habbatussauda bermanfaat untuk menurunkan berat badan

Minyak jintan hitam atau habbatussauda yang dikenal juga dengan nama Nigella Sativa memiliki sejumlah manfaat dan kegunaan lainnya selain yang telah disebutkan di bagian atas. Salah satu manfaat yang paling populer adalah untuk menurunkan berat badan.

Menurut para ahli kesehatan, kelebihan berat badan merupakan pemicu berbagai penyakit kronis mulai dari diabetes, penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, kolesterol, sleep apnea, kanker, hingga alzheimer.

Dari fakta di atas, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa kelebihan berat badan dan obesitas sangat berbahaya dan bisa mengancam hidup kita. Bahkan, para ahli kesehatan sepakat bahwa, orang yang mengalami obesitas 50% lebih mungkin mengalami kematian dini dibandingkan dengan perokok aktif yang punya berat badan ideal.

Untuk menurunkan berat badan, cara yang paling dianjurkan adalah dengan berolahraga dan diet sehat. Ngomong-ngomong soal diet sehat, salah satu jenis makanan yang harus Anda masukkan ke dalam diet untuk menurunkan berat badan adalah habbatussauda. Karena di dalamnya terkandung lebih dari 250 vitamin dan nutrisi. Termasuk diantaranya adalah asam lemak omega-3 yang pada umumnya banyak kita temukan di ikan-ikan berlemak seperti ikan salmon dan tuna.

Apabila kita mengkonsumsi habbatussauda, kita akan sedikit mengalami efek anoreksia, yaitu sejenis efek yang akan menyebabkan menurunnya nafsu makan. Hal tersebut diungkapkan oleh Phuong Mai Le di dalam jurnal Journal of Ethnopharmacology.

Namun, penelitian tersebut sebenarnya tidak dilakukan pada manusia melainkan pada tikus. Sehingga, studi lebih lanjut masih diperlukan untuk melihat apakah ekstrak habbatussauda benar-benar bisa memberikan efek pada manusia sehingga bisa mengalami penurunan berat badan.

Para ahli kesehatan meyakini bahwa kemampuan habbatussauda untuk menurunkan berat badan juga tidak lepas dari kemampuan bahan alami ini menurunkan kadar gula darah. Karena menurut teori, apabila gula darah dalam keadaan normal atau seimbang, hal itu akan menyebabkan penurunan berat badan dan peningkatan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Menurut ahli kesehatan di Mayo Clinic, kunci mengendalikan nafsu makan dan mengurangi keinginan mengkonsumsi makanan-makanan berkarbohidrat adalah dengan menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

Menurut Shawn Talbott, penulis buku The Cortisol Connection Diet, mengatakan bahwa, apabila kita mampu mengendalikan keinginan untuk makan, kita bisa mengalami penurunan berat badan antara 2 hingga 4 pon per bulan.

Bukti lain yang menunjukkan bahwa habbatussauda bisa menurunkan berat badan dengan menekan nafsu makan adalah, hasil penelitian yang dipublikasikan di dalam Jurnal Diabetes Metab Disord. Menurut penelitian tersebut, habbatussauda yang memiliki sifat anti obesitas secara efektif dapat menekan nafsu makan berlebihan pada objek penelitian yang melibatkan 88 orang wanita. 88 wanita tersebut dibagi menjadi dua kelompok.

Kelompok pertama diminta untuk mengkonsumsi habbatussauda yang dicampurkan dengan yogurt pada saat makan siang dan makan malam. Sedangkan kelompok kedua diminta untuk diet rendah kalori dan mengkonsumsi yogurt pada saat makan siang dan makan malam.

Hasilnya, kedua kelompok sama-sama mengalami penurunan berat badan. Pada kelompok pertama, mereka mengalami penurunan berat badan yang lebih efektif dan kehilangan lemak pada bagian pinggang sehingga mengalami penurunan lingkar pinggang.

Dari hasil penelitian tersebut, kita bisa mengambil kesimpulan. Jika kita mengkombinasikankan antara yogurt, habbatussauda, dan diet rendah kalori, kita akan dengan cepat mengalami penurunan berat badan.

4. Habbatussauda bisa menjaga kesehatan jantung

Untuk menjaga kesehatan jantung, kita dianjurkan rajin berolahraga, menjalani gaya hidup sehat, dan diet seimbang. Jantung yang tidak sehat bisa disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat–seperti terbiasa merokok, jarang berolahraga atau tidak beraktivitas secara rutin, dan karena mengkonsumsi makanan-makanan tidak sehat (diet tidak sehat) seperti–sering mengkonsumsi makanan berlemak dan makanan maupun minuman manis.

Kapsul minyak habbatussauda mengandung asam lemak tak jenuh berupa omega 6 dan 9 serta pitosterol yang bisa memberikan sejumlah manfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan untuk memperkuat elastisitas pembuluh darah. Pada prosesnya, hal tersebut akan:

  • Membantu mencegah penyumbatan pada arteri.
  • Mencegah pembentukan gumpalan darah.
  • Membantu menurunkan kolesterol jahat di dalam darah

5. Habbatussauda bisa mengobati kanker otak

Tumor bernama glioblastoma adalah sejenis tumor otak yang sangat ganas, yang dapat menyebabkan menurutnya kelangsungan hidup manusia rata-rata sebanyak 15 bulan. Menurut studi yang dilakukan pada tahun 2013, senyawa bioaktif (thymoquinone) dari habbatussauda bisa mencegah pertumbuhan glioblastoma dan membantu pertumbuhan sel-sel menjadi lebih sehat. Senyawa tersebut secara efektif hanya menargetkan pada sel-sel kanker dan tidak mempengaruhi sel-sel sehat.

6. Habbatussauda bisa membantu mengontrol alergi dan meningkatkan imun tubuh

Dari 4 Penelitian yang melibatkan 152 pasien dengan penyakit alergi seperti:

  • Alergi rhinitis
  • Asma bronkial
  • Eksim atopik

Pasien-pasien tersebut diberikan habbatussauda dalam bentuk kapsul dengan dosis antara 40-80 mg / kg per hari. Hasilnya, habbatussauda bisa secara efektif mengatasi alergi dengan cara menghambat peradangan dan mempengaruhi reaksi hipersensitif pada penderita alergi.

Selain itu, prostaglandin E1 yang berasal dari asam lemak Omega 6, yang ditemukan di dalam habbatussauda merupakan zat yang bisa meningkatkan imun tubuh menjadi lebih kuat melalui fitonutrien penting yang disebut thymoquinone (TQ).

7. Habbatussauda bisa mencegah radikal bebas

Ahli kesehatan percaya bahwa habbatussauda bisa bertindak sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit seperti kanker hingga peradangan. Habbatussauda juga secara efektif bisa menangkal radikal bebas (superoksida) penyebab kerusakan sel membran, terutama sel-sel saraf di dalam otak.

Radikal bebas sangat tidak stabil dan bisa bereaksi dengan cepat untuk menangkap elektron yang dibutuhkan untuk menjaga stabilitasnya. Untuk mendapatkan elektron yang dibutuhkan, radikal bebas akan menyerang molekul stabil yang ada di dekatnya. Ketika molekul stabil elektron diambil, maka radikal bebas akan mampu berdiri sendiri. Apabila dibiarkan, radikal bebas akan menyebabkan hancurnya sel-sel hidup di dalam tubuh.

Diantara radikal bebas, superoksida merupakan yang paling kuat dan paling berbahaya. Karena, dibutuhkan setidaknya 3 elektron untuk menyeimbangkan superoksida tersebut.

Beberapa efek radikal bebas yang paling sering dialami diantaranya adalah:

  • Menyebabkan proses penuaan berjalan lebih cepat (penuaan dini).
  • Menyebabkan kerusakan pada tubuh.
  • Menyebabkan matinya sel-sel hidup di dalam tubuh.
  • Menyebabkan berbagai masalah kesehatan lainnya seperti penyakit arthritis,
  • Asma
  • Kanker
  • Penyakit jantung
  • Degenerasi makula
  • Gangguan saraf, hingga
  • HIV

8. Habbatussauda bisa melawan infeksi jamur

Infeksi jamur bisa terjadi apabila bakteri tumbuh di atas kulit. Jamur tersebut dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit kulit dan ruam. Menurut penelitian, jamur tidak bisa hidup berdampingan dengan senyawa yang terdapat di dalam minyak jintan (habbatussauda).

Hal ini menyebabkan banyak ilmuwan percaya bahwa habbatussauda merupakan ramuan sekaligus obat alami yang sangat baik untuk mengatasi infeksi jamur pada kulit karena di dalamnya terkandung sifat anti bakteri dan anti jamur.

9. Habbatussauda baik untuk kulit

Jika Anda ingin menjaga kesehatan kulit, ingin memiliki kulit yang halus dan lembut, serta ingin memiliki kulit yang awet muda, maka Anda perlu mengkonsumsi habbatussauda secara rutin. Habbatussauda mengandung sejumlah asam lemak esensial, vitamin, antioksidan, dan asam amino yang dapat melembabkan kulit dan menjaga kesehatannya.

Tidak hanya baik apabila dikonsumsi, habbatussauda ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Kandungan sifat anti-penuaan yang terdapat di dalamnya juga yang bermanfaat untuk membantu kulit tetap kencang dan terhindar dari keriput.

10. Habbatussauda bermanfaat untuk mengobati kanker melanoma

Selain berbagai jenis kanker yang telah disebutkan di atas, sebenarnya habbatussauda juga bermanfaat untuk mengobati kanker melanoma. Yaitu, sejenis kanker kulit yang disebabkan oleh mutasi DNA yang terlalu cepat–sehingga sistem kekebalan tubuh tidak mampu mengimbanginya. Untuk mengatasi mutasi DNA yang terlalu cepat kita bisa memanfaatkan habbatussauda yang memiliki kandungan thymoquinone dan thymohydroquinone. Menurut penelitian, kedua kandungan tersebut bisa secara efektif mengobati mutasi DNA penyebab kanker kulit.

Cara kerjanya adalah dengan menargetkan sel-sel darah putih untuk meningkatkan kesehatan sistem kekebalan tubuh dan dengan cara membunuh sel-sel kanker.

11. Habbatussauda efektif mengatasi jerawat

Pada umumnya remaja sering berjerawat ketika memasuki usia pubertas. Walau demikian, kondisi tertentu seperti kehamilan juga dapat menyebabkan seseorang mengalami jerawat di wajah maupun di punggung. Penyebab utama jerawat adalah peradangan pada kulit.

Untuk mengobati jerawat, habbatussauda merupakan salah satu obat alami yang efektif karena memiliki sifat regeneratif dan anti-inflamasi yang sangat kuat. Ini merupakan bahan alami terbaik untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kulit, membuatnya terlihat lebih bercahaya, dan lebih lembut secara alami.

12. Habbatussauda bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan

Infertilitas atau kemandulan merupakan masalah serius bagi beberapa pasangan, sehingga mereka kesulitan untuk mendapatkan keturunan. Infertilitas sendiri disebabkan oleh berbagai hal yang berbeda-beda; walau demikian, habbatussauda merupakan salah satu obat alternatif untuk mengatasinya.

Menurut penelitian, habbatussauda digunakan untuk meningkatkan kesehatan reproduksi pria dan wanita sejak 2000 tahun yang lalu. Dan hingga saat ini, tetap menjadi salah satu solusi alami terbaik untuk meningkatkan kesuburan.

Lebih dari itu, apabila dikonsumsi secara rutin juga dapat meningkatkan dorongan seks dan bisa bermanfaat sebagai afrodisiak alami. Dengan adanya manfaat afrodisiak alami tersebut (yaitu sejenis senyawa anti-inflamasi), maka sirkulasi aliran darah dan oksigen pada organ seks kedua jenis kelamin akan meningkat.

13. Habbatussauda untuk menjaga kesehatan rambut

Rambut rontok, bercabang, atau mudah patah, merupakan masalah yang paling sering dialami tidak hanya oleh wanita melainkan juga oleh pria. Salah satu penyebab mengapa rambut tidak sehat adalah karena asupan nutrisi yang kurang, karena efek samping obat-obatan tertentu, karena gangguan hormon, dan bisa juga disebabkan karena kamu terapi.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengkonsumsi habbatussauda yang mengandung sekitar 250 vitamin dan mineral.

Salah satu kandungan di dalam habbatussauda yang baik untuk menjaga kesehatan rambut adalah mineral zink. Zinc sangat bermanfaat untuk menjaga proses reproduksi sel, membantu mempertahankan sekresi kelenjar pada folikel rambut, bisa memaksimalkan pertumbuhan jaringan, dan efektif dalam memperbaiki jaringan yang rusak.

Apabila habbatussauda dikonsumsi secara rutin, kandungan zinc yang terdapat di dalamnya bisa membantu menjaga kesehatan rambut, membuatnya tumbuh lebih subur dan lebih tebal, mencegah kerontokan, membuat akar rambut lebih kuat dan tidak mudah patah; serta yang tidak kalah penting, dapat membantu mencegah munculnya ketombe.

Menurut sejarah yang terdapat di dalam teks-teks kuno, habbatussauda sudah digunakan di Eropa sejak abad ke-1 untuk merawat rambut dan kulit.

14. Habbatussauda bisa mengatasi infeksi sinus dan meningkatkan imun tubuh

Infeksi sinus pada umumnya disebabkan karena alergi. Apabila seseorang mengalami alergi, juga bisa diikuti oleh infeksi sinus. Kondisi tersebut umumnya terjadi akibat sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Jadi, untuk mengatasi infeksi sinus, salah satu caranya adalah dengan meningkatkan imun tubuh. Bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan imun tubuh adalah minyak jintan hitam atau habbatussauda. Telah disebutkan di bagian atas bahwa habbatussauda secara efektif dapat mengatasi alergi dan meningkatkan imun tubuh.

Menurut penelitian, habbatussauda merupakan obat yang paling efektif karena bisa mengembalikan kesehatan imun tubuh dalam waktu yang sangat singkat dibandingkan dengan berbagai obat kebanyakan. Salah satu alasannya adalah karena terdapat sifat anti bakteri dan sifat anti-inflamasi di dalam habbatussauda yang bisa mempercepat proses penyembuhan sekaligus mengobati infeksi sinus.

15. Habbatussauda bermanfaat untuk mengobati infeksi

Di tubuh kita, segala bentuk infeksi pada umumnya akan dilawan oleh sistem kekebalan tubuh, khususnya sel darah putih. Apabila sel darah putih (imun tubuh) tidak kuat, maka infeksi akan sulit di atasi.

Satu dari sekian bahan alami yang efektif untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara cepat dan efektif adalah habbatussauda. Menurut penelitian, habbatussauda secara langsung bisa menargetkan peningkatan sistem kekebalan tubuh, sehingga infeksi dari kaki hingga kepala bisa di atasi.

Combo yang terdiri atas anti jamur dan anti bakteri yang terdapat di dalam habbatussauda merupakan solusi alami terbaik untuk mengatasi infeksi.

16. Membantu mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan tekanan darah

Menurut penelitian yang dipublikasikan di dalam Jurnal Fundamentals of Clinical Pharmacology, dikatakan bahwa ekstrak habbatussauda dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi) dan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam jumlah yang signifikan dalam waktu singkat.

Dari hasil penelitian, apabila habbatussauda dikonsumsi setiap hari secara rutin Selama 2 bulan, hal tersebut bisa menyebabkan penurunan tekanan darah pada pasien yang mengalami hipertensi ringan.

Sebagai obat alami, habbatussauda telah terbukti bisa menjadi salah satu obat alternatif yang efektif untuk membantu para penderita hipertensi.

17. Habbatussauda bermanfaat untuk mengobati penyakit Psoriasis

Psoriasis adalah salah satu gangguan kulit yang sangat sulit di atasi. Penyakit ini biasanya ditandai dengan munculnya sel-sel kulit yang berkembang biak hingga 10 kali lipat lebih cepat daripada biasanya. Akibatnya, sel-sel kulit akan lebih mudah menumpuk dan mati, menyebabkan flek merah dan kulit bersisik.

Umumnya, psoriasis terjadi pada lipatan-lipatan di bagian tubuh kita mulai dari lutut, siku, kulit kepala, dan juga bisa terjadi pada telapak tangan dan telapak kaki. Efek yang bisa ditimbulkan oleh psoriasis selain plak merah dan kulit bersisik. Psoriasis juga dapat menyebabkan:

  • Kulit gatal.
  • Menyebabkan kulit retak atau pecah-pecah (hingga berdarah).
  • Menyebabkan kulit teriritasi.
  • Menyebabkan gangguan kuku tangan dan kaki. Termasuk perubahan warna pada bagian kuku, serta menyebabkan kuku mudah rusak dan mudah lepas.
  • Menyebabkan kulit kepala bersisik atau berkerak.

Salah satu obat alami untuk psoriasis adalah habbatussauda. Obat alami ini mengandung spektrum yang sangat luas dari aktivitas farmakologi yang mencakup:

  • Anti-inflamasi
  • Anti bakteri
  • Antihelmenthic, dan
  • Anti jamur

Spektrum tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengatasi peradangan psoriasis dengan dioleskan secara langsung ke permukaan kulit. Menurut penelitian farmakologi, ekstrak etanol yang ditemukan di habbatussauda merupakan bahan alami yang telah digunakan sejak dahulu sebagai obat tradisional untuk mengatasi psoriasis.

18. Habbatussauda bermanfaat untuk mengatasi diare

Diare umumnya disebabkan karena infeksi virus. Bisa dialami oleh siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Namun, anak-anak dan ibu hamil lebih sering mengalami diare karena anak-anak umumnya kurang bisa menjaga kebersihan diri dan makanan; sedangkan ibu hamil, sering terkena diare disebabkan karena perubahan hormon yang menyebabkan konstipasi sehingga sistem pencernaan mereka akan menjadi lebih cepat. Penyebab lainnya adalah perubahan diet dan perubahan kepekaan terhadap makanan.

Pada anak-anak terutama pada bayi dan ibu hamil, mengatasi diare dengan obat-obatan tentu saja dianggap kurang baik. Alasannya adalah, pada ibu hamil mereka tidak dianjurkan mengkonsumsi obat-obatan kimiawi karena dapat mempengaruhi janin yang ada di dalam kandungan mereka. Sedangkan pada anak-anak (bayi), penggunaan obat-obatan juga tidak begitu dianjurkan mengingat kondisi tubuh mereka yang masih belum sekuat orang dewasa.

Alternatif terbaik untuk mengatasi diare dengan bahan alami yang tidak menimbulkan efek samping dan bahaya, salah satunya adalah habbatussauda. Menurut penelitian, sebagian besar diare yang diakibatkan karena infeksi virus bisa di atasi dengan habbatussauda yang memiliki sifat anti-inflamasi. Ini merupakan bahan alami terbaik untuk menyeimbangkan sistem pencernaan dan usus.

Saran penyajian (dosis) habbatussauda untuk mengatasi diare adalah: Campurkan antara 1-2 sdt (sendok teh) minyak habbatussauda dengan yogurt dan konsumsilah selama 2 hari atau hingga diare benar-benar hilang.

19. Habbatussauda bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah tinggi (hipertensi)

Minyak Habbatussauda juga banyak dikenal sebagai obat alami untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Walaupun tidak diakui sebagai obat resmi, namun banyak pasien tekanan darah tinggi yang merasakan sendiri bagaimana obat alami ini bisa secara efektif membantu menurunkan tekanan darah tinggi dalam jumlah yang signifikan.

Menurut studi, minyak habbatussauda mengandung sejumlah bahan aktif yang telah terbukti mengurangi kolesterol dan bisa membantu mengontrol tekanan darah.

Untuk mendapatkan manfaat dari obat alami ini, Anda setidaknya harus mengkonsumsi satu sdt (sendok teh) minyak habbatussauda setiap hari. Bisa dikonsumsi begitu saja, atau, bagi Anda yang tidak menyukai rasa minyak mentah bisa mencampurkannya ke dalam jus, teh, atau yogurt.

20. Bermanfaat untuk mengurangi flu dan demam

Masalah kesehatan lainnya yang sering dikait-kaitkan langsung dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah adalah sakit flu dan demam. Kedua-duanya, flu dan demam dapat menyebabkan kerusakan serius pada sistem kekebalan tubuh kita. Sakit demam seringkali memaksa kita beristirahat selama berhari-hari bahkan hingga 1 minggu atau lebih.

Dengan adanya kandungan anti inflamasi yang terdapat di dalam habbatussauda, Anda bisa memanfaatkan obat alami ini untuk mengatasi flu dan demam agar sembuh lebih cepat. Dua cara utama habbatussauda membantu mengurangi flu dan demam adalah dengan:

  1. Mempercepat proses penyembuhan, karena habbatussauda secara efektif langsung dapat memberikan peningkatan signifikan pada imun tubuh.
  2. Membunuh virus dan bakteri penyebab sakit–karena habbatussauda mengandung anti inflamasi, anti bakteri, dan lain-lain.

Resep menggunakan habbatussauda untuk mengatasi demam dan flu adalah:

Campuran minyak habbatussauda dengan madu di dalam secangkir air hangat. Kemudian minumlah setiap hari untuk mempercepat proses penyembuhan dan untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

21. Habbatussauda untuk mengatasi insomnia

Insomnia atau kesulitan tidur pada malam hari merupakan masalah yang dapat menimbulkan berbagai efek dalam kehidupan sehari-hari maupun pada kesehatan secara keseluruhan. Umumnya, insomnia dapat menyebabkan:

  • Mudah marah (emosi meningkat).
  • Kecemasan parah.
  • Kerusakan kulit.
  • Keinginan makan berlebihan, sehingga menyebabkan tubuh mudah terkena obesitas.
  • Sulit konsentrasi
  • Nyeri otot, kelelahan, hipertensi, penurunan imun tubuh.
  • Stres
  • Mengalami peningkatan resiko terkena kanker.

Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi habbatussauda bisa memperbaiki kualitas tidur dan bisa mengatasi insomnia. Banyak yang mengklaim bahwa habbatussauda bisa membantu mereka tidur lebih cepat dan lebih baik (lebih nyenyak).

Resep yang paling sering digunakan untuk mengatasi insomnia dengan habbatussauda adalah:

  • Campurkan satu sdt (sendok teh) habbatusaudah dengan satu sdm (sendok makan) madu.
  • Minumlah setelah makan malam dan sebelum tidur.

22. Kapsul Habbatussauda bisa mencegah kram otot dan spasme

Untuk mengatasi kram otot dan spasme, habbatussauda bisa dikonsumsi secara oral (diminum) atau digosok-gosokkan sedikit di area yang terkena keram. Hasil yang diberikan tergolong instant alias sangat cepat.

Hal tersebut tidak lepas dari adanya kandungan agen anti-spasmodik dan anti-inflamasi yang terdapat di dalam habbatussauda. Kandungan tersebut sangat membantu dalam mencegah dan mengurangi kejang atau kram pada otot.

23. Membantu mengatasi sakit gigi

Kebiasaan buruk tidak menyikat gigi sebelum tidur atau tidak terbiasa menyikat gigi setelah makan membuat bakteri berkembang biak di mulut dan di gigi, sehingga, gigi menjadi mudah karis atau berlubang.

Sakit gigi tidak hanya menyebabkan kita meringis menahan rasa sakit dan menyebabkan kita mudah marah atau uring-uringan, melainkan juga dapat menyebabkan sakit jantung. Karena bakteri yang terdapat di dalam gigi bisa terbawa bersama aliran darah hingga akhirnya sampai ke jantung.

Untuk mengatasi sakit gigi, obat alternatif yang efektif salah satunya adalah minyak jintan atau habbatussauda. Habbatussauda bisa membantu meringankan rasa sakit dan nyeri, bisa mengatasi bakteri karena memiliki sifat anti bakteri, dan bisa membantu mempercepat proses penyembuhan karena mengandung sifat antioksidan.

Cara memanfaatkan habbatussauda untuk mengobati sakit gigi adalah:

  • Ambil kapas secukupnya, kemudian bentuk menjadi bola kapas.
  • Tuangkan beberapa tetes habbatussauda pada bola kapas tersebut.
  • Gosok-gosokkan pada gusi yang bengkak atau pada gigi yang berlubang. Diamkan selama 20.

24. Habbatussauda untuk mengobati leukemia

Studi menunjukkan bahwa habbatussauda memiliki efek anti-proliferasi pada sel “mayoblastic leukemia HL-60” di manusia. Kandungan thymoquinone yang terdapat di dalam habbatussauda merupakan obat powerfull yang bisa mematikan sel leukemia.

25. Habbatussauda untuk mengobati eksim

Menderita eksim bisa jadi adalah sebuah pengalaman yang tidak menyenangkan sekaligus menyakitkan. Jika Anda selama ini kesulitan mengobati sakit eksim yang Anda derita, Anda perlu mencoba habbatussauda. Karena menurut penelitian, obat alami ini bisa membantu menyembuhkan eksim.

Eksim yang disebabkan oleh peradangan, memunculkan ruam-ruam merah dan pembengkakan di sekujur tubuh bisa Anda atasi dengan cara mengkonsumsi antara 1-2 sdt (sendok teh) minyak habbatussauda setiap hari.

26. Habbatussauda untuk mengatasi kejang-kejang pada penderita epilepsi

Sebagian besar obat-obatan saat ini hadir dengan sejumlah efek samping yang sangat berbahaya bagi organ tubuh, sehingga dapat mempengaruhi kesehatan dalam jangka panjang. Oleh sebab itu, banyak orang yang cenderung lebih memilih menggunakan obat alami/herbal (obat alternatif) untuk mengatasi berbagai macam penyakit yang mereka derita.

Di dunia kesehatan, habbatussauda dikenal sebagai salah satu obat alami yang memiliki manfaat sangat banyak. Bahkan di dalam hadist disebutkan, ‘habbatusaudah bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kecuali kematian.’

Habbatussauda merupakan obat alami yang memiliki sifat anti-konvulsan, yang efektif untuk mengatasi kejang-kejang pada penderita epilepsi. Penelitian menunjukkan bahwa kejang-kejang pada penderita epilepsi bisa berkurang setelah mengkonsumsi secara rutin habbatussauda setiap hari selama 4-6 minggu.

Dari penelitian tersebut, disimpulkan bahwa kandungan thymoquinione adalah yang paling besar peranannya dalam menyingkirkan kejang-kejang pada penderita epilepsi.

27. Habbatussauda untuk meredakan peradangan pada amandel

Gejala peradangan amandel akut yang biasanya disebut tonsilofaringitis bisa diredakan dengan habbatussauda. Karena obat alami ini bisa membantu mengurangi rasa sakit. Khusus untuk peradangan pada amandel, habbatussauda secara efektif akan meringankan rasa sakit akibat radang tonsil. Tidak hanya mengurangi, melainkan obat alternatif ini juga bisa sekaligus membantu menghilangkan rasa sakit.

Menurut studi, habatusaudah merupakan salah satu solusi obat alami paling efektif dan paling aman untuk meredakan sakit tenggorokan.

28. Habbatussauda merupakan obat yang efisien mengatasi methicillin-resistant staphylococcus aureus (MSRA)

Apa itu penyakit “methicillin-resistant staphylococcus aureus (MSRA)?” Bagi sebagian Anda, mungkin penyakit ini masih terdengar asing.

MRSA adalah sejenis kuman (staph) yang tidak terpengaruh oleh antibiotik yang biasanya digunakan untuk menyembuhkan staph. MRSA bisa menembus jauh ke dalam tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit menular maupun kronis seperti:

  • Penyakit sendi
  • Tulang
  • Masalah pada katup jantung
  • Infeksi paru-paru hingga,
  • Gangguan pada darah.

Apabila tidak segera di atasi, penyakit ini bisa menyebabkan kematian. Pada umumnya, (infeksi) MRSA akan menyebar melalui jaringan kulit atau melalui luka terbuka seperti bisul.

Salah satu cara untuk mengatasi MRSA adalah dengan memanfaatkan habbatussauda yang mengandung agen anti-inflamasi; bisa menjadi obat alami (antiboitik) untuk mencegah penyebaran dan untuk memusnahkan MRSA dari dalam tubuh.

29. Habbatussauda untuk mengobati kecanduan obat-obatan atau zat terlarang

Salah satu manfaat yang mungkin tidak banyak diduga oleh orang dari habbatussauda adalah kemampuannya dalam mengobati mereka yang kecanduan zat-zat terlarang (NAPZA). Habbatussauda bisa mengobati kecanduan opiat. Dalam berbagai studi ditunjukkan bahwa, obat alami ini bahkan bisa mengatasi mereka yang sudah kecanduan akut. Tidak hanya bisa mengobati, melainkan bisa juga membantu mencegah agar pasien yang kecanduan obat-obatan terlarang agar tidak kambuh lagi.

30. Habbatussauda untuk mengobati luka

Luka bisa kita dapatkan dengan berbagai cara mulai dari, karena terkena benda-benda tajam, karena tejatuh atau kecelakaan, bisa juga disebabkan karena operasi.

Minyak habbatussauda dalam dunia medis dikenal sebagai salah satu obat alami yang bisa digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan sekaligus untuk membersihkan bekas luka. Herbal alami ini telah terbukti bisa mencegah luka dari infeksi sekaligus bisa menghilangkan atau menyembuhkan bekas luka permanen.

31. Membantu mengatasi kerusakan akibat radiasi

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa, minyak habbatussauda bisa digunakan pada pasien yang terkena radiasi gamma. Dengan menggunakan minyak alami ini, mereka yang terkena radiasi akan mengalami kerusakan yang jauh lebih sedikit daripada orang yang tidak mengkonsumsinya.

Kesimpulan sementara para ahli kesehatan mengatakan bahwa, orang yang terkena paparan radiasi bisa diobati atau dikurangi efek kerusakan pada tubuhnya dengan menggunakan minyak habbatussauda.

Setelah mengkonsumsi habbatussauda, sistem kekebalan tubuh akan meningkat secara signifikan menjadi lebih kuat, sehingga orang-orang yang terkena kanker dan yang sedang menjalani pengobatan akibat radiasi bisa sembuh lebih cepat.

32. Habbatussauda bisa mencegah dan menyembuhkan keracunan timbal

Timbal merupakan salah satu racun yang paling berbahaya bagi tubuh manusia. Apabila tubuh dan otak kita kemasukan timbal, hal tersebut dapat menyebabkan:

  • Menyebabkan gangguan pada proses kerja tubuh.
  • Menyebabkan kerusakan pada hati.
  • Menyebabkan sakit pada usus.
  • Dapat menyebabkan masalah ginjal.
  • Terganggunya sistem saraf.
  • Sakit pada tulang.
  • Dan dapat menyebabkan masalah pada sistem reproduksi.

Menurut penelitian, habbatussauda adalah salah satu obat paling efektif yang bisa melindungi dan memperbaiki kerusakan-kerusakan yang terjadi di dalam tubuh maupun otak akibat keracunan timbal.

33. Habbatussauda bermanfaat sebagai obat alami untuk mengobati sengatan tawon atau lebah

Habbatussauda berbentuk minyak bisa dicampurkan dengan air, kemudian digunakan sebagai obat oles alami yang efektif untuk mengatasi sakit akibat sengatan tawon atau lebah. Cara menggunakannya, cukup digosok-gosokkan pada area yang terkena sengatan. Anjurannya, terapkan dua kali sehari.

34. Habbatussauda untuk engatasi sakit telinga

Apabila dicampurkan dengan minyak zaitun, habbatussauda bisa dimanfaatkan untuk mengatasi sakit telinga. Cara memanfaatkannya, campurkan 1 sdt (sendok teh) minyak habbatussauda dengan 2 sdt (sendok teh) minyak zaitun. Kemudian dihangatkan, lalu diteteskan ke dalam telinga. Setelah itu, diamkan kurang lebih 2 menit.

Sesaat setelah diteteskan ke dalam telinga, obat alami ini akan bekerja untuk mengatasi rasa sakit pada telinga.

35. Habbatussauda efektif untuk mengatasi infeksi mata

Dari sejumlah penelitian, ditemukan banyak khasiat habbatussauda untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah untuk mengatasi sakit mata dan untuk mencerahkan penglihatan.

Apabila Anda mengalami infeksi pada mata (mata merah) jangan ragu-ragu menggunakan minyak habbatussauda, karena minyak alami ini sangat efektif dalam mengatasi infeksi mata. Bagi Anda yang sakit mata, Anda bisa meneteskan minyak habbatussauda setiap sebelum tidur selama beberapa hari hingga sakit mata sembuh.

36. Habbatussauda bisa mengobati kelumpuhan wajah

Apabila Anda menderita kelumpuhan pada wajah, cobalah mengatasinya dengan menggunakan minyak jintan hitam (habbatussauda). Karena minyak ini menurut penelitian bisa menyembuhkan atau mengobati wajah lumpuh, sehingga wajah bisa kembali bergerak secara normal seperti biasa.

Cara memanfaatkan obat herbal ini untuk mengatasi kelumpuhan wajah adalah dengan menempatkan minyak habbatussauda di sebuah wadah, misalnya di dalam piring kecil. Kemudian dekatkan ke hidung dan hirup (endus) permukaan minyak tersebut. Hiruplah dengan nafas yang dalam sebanyak 10-20 kali setiap hari.

37. Menyembuhkan hidung tersumbat

Boleh dibilang, habbatussauda merupakan salah satu solusi alami yang paling cepat mengatasi hidung tersumbat. Sehingga, bagi Anda atau keluarga yang sering mengalami hidung tersumbat (hidung mampet) wajib menyediakan minyak habbatussauda di rumah.

38. Kapsul Minyak Habbatussauda efektif mengatasi batu empedu

Batu empedu bisa diakibatkan karena terjadinya pengerasan kolesterol yang tertimbun di dalam cairan empedu. Pengerasan itu sendiri bisa terjadi karena adanya ketidakseimbangan jumlah kolesterol dan senyawa kimia di dalam cairan tersebut. Beberapa hal yang perlu diwaspadai, yang bisa meningkatkan resiko terkena batu empedu di antaranya adalah:

  • Usia di atas 40 tahun.
  • Wanita yang telah melahirkan.
  • Anda yang berjenis kelamin wanita lebih beresiko dibandingkan dengan pria.
  • Bisa juga karena kelebihan berat badan atau obesitas.

Untuk mengobati atau mengatasi batu empedu, biasanya kita disarankan pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan secara khusus. Namun selain itu, sebenarnya kita juga bisa memanfaatkan bahan alami seperti untuk mengobatinya. Menurut penelitian, mengkonsumsi minyak habbatussauda secara rutin setiap hari bisa membantu mengurangi rasa sakit dan membantu membersihkan (menghapus) batu empedu.

Bagaimana habbatussauda bisa menghapus batu empedu? Jawabannya tidak lepas dari adanya sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang terdapat di dalam obat alami ini.

39. Membantu mengatasi batu liver

Batu liver atau batu hati merupakan masalah kesehatan lainnya selain batu empedu yang menyebabkan rasa sakit sangat parah dan menyebabkan efek samping tertentu akibat pasien yang terpaksa harus mengkonsumsi obat-obatan. Untuk mengobati penyakit ini, biaya yang dibutuhkan juga sangat besar.

Sebelum Anda mengeluarkan biaya besar dan menggunakan obat-obatan, Anda mungkin ingin mencoba cara alami, yaitu dengan menggunakan habbatussauda. Menurut penelitian, liver stones bisa dikurangi gejalanya dan bisa di atasi dengan menggunakan minyak jintan. Cara memanfaatkannya: Campuran minyak jintan dengan madu dan konsumsilah setiap hari.

40. Mengatasi wasir

Wasir atau kemacetan pada sistem pencernaan bisa menimbulkan masalah tersendiri dalam kehidupan sehari-hari. Umumnya wasir disebabkan karena kurang minum atau kurang cairan, kurang serat, karena mengkonsumsi suplemen zat besi, atau bisa juga disebabkan karena sering mengkonsumsi makanan berupa karbohidrat sederhana yang miskin serat dan air.

Untuk mengatasi wasir, Anda bisa mempertimbangkan obat alami (habbatussauda). Selain bermanfaat untuk mengobati, sebenarnya herbal alami ini juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah wasir dengan cara dikonsumsi setiap hari.

41. Meredakan sakit kepala dan migrain

Manfaat lain yang terkenal dari black seed oil, yaitu istilah lain yang sering digunakan untuk menyebutkan minyak habbatussauda, adalah untuk meredakan sakit kepala, terutama sakit kepala sebelah (migrain). Banyak orang telah membuktikan bahwa obat alami ini merupakan obat paling efektif yang bisa membantu mengurangi dan menyembuhkan sakit kepala atau migrain dengan sangat cepat.

Selama berabad-abad, bahan alami ini sebenarnya sudah sering digunakan untuk mengatasi sakit kepala di negara-negara Arab maupun di Eropa.

Cara menggunakannya adalah: Terapkan di sekitar mata, hidung, dan dahi. Segera, Anda akan merasakan sakit kepala yang berdenyut-deyut berangsur-angsur hilang.

42. Bermanfaat untuk menambah jumlah ASI

Bagi Anda ibu menyusui yang sudah mencoba berbagai cara untuk menambah jumlah ASI namun tetap tidak cukup, Anda perlu mencoba habbatussauda yang dikenal juga dengan nama Black Union seed. Obat alami ini apabila dikonsumsi secara teratur bisa membantu menambah jumlah produksi ASI. Dan, bermanfaat untuk melindungi kulit puting apabila diterapkan sebelum menyusui.

43. Mencegah demensia dan menguatkan memori otak

Bagi Anda yang ingin punya ingatan kuat dan bebas dari demensia ketika memasuki usia senja, Anda dianjurkan mengkonsumsi habbatussauda secara rutin sejak muda. Karena menurut penelitian, mengkonsumsi obat alami ini bisa membantu meningkatkan memori otak, meningkatkan kognisi, meningkatkan konsentrasi dan perhatian (meningkatkan kewaspadaan), sehingga kita akan terhindar dari demensia.

Dampak paling signifikan yang terasa apabila kita secara rutin mengkonsumsinya adalah, kita akan memiliki ingatan yang baik dan kuat dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang.

44. Mengobati rematik

Banyak orang tua percaya bahwa rematik disebabkan karena kebiasaan mandi malam. Namun dalam dunia medis, fakta menunjukkan bahwa rematik tidak disebabkan karena kebiasaan mandi malam. Namun tentu saja ada hubungan antara mandi malam dan rematik. Hubungannya adalah, rematik bisa kambuh atau terasa sakit akibat cuaca dingin dan mandi pada malam hari.

Menurut dokter, rematik disebabkan karena asam urat yang terus-menerus menumpuk dari waktu ke waktu sehingga, orang yang sering mengalami rematik adalah orang orang tua yang sepanjang hidupnya sering mengkonsumsi makanan-makanan yang tinggi purin.

Untuk mengatasi rematik, terutama gejalanya yang sangat menyakitkan, Anda bisa memanfaatkan habbatussauda yang mengandung agen anti-inflamasi, yang secara efisien bisa menjadi solusi alami untuk meredakan nyeri rematik.

Cara memanfaatkannya, konsumsilah antara 1-2 sdt (sendok teh) minyak habbatussauda yang dicampurkan dengan madu setiap hari.

45. Mengatasi infeksi kandung kemih (ISK)

Infeksi kandung kemih umumnya diakibatkan karena bakteri dari usus yang masuk ke dalam saluran kencing. Bakteri di dalam usus bisa masuk ke dalam kandung kemih biasanya karena kurang bisa menjaga kebersihan. Misalnya, pada saat cebok setelah buang air besar, apabila tangan tidak bersih dan mengandung bakteri, kemudian digunakan untuk membersihkan alat kelamin, bakteri yang menempel di tangan tersebut bisa berpindah ke alat kelamin dan masuk ke dalam kandung kemih.

Bakteri tersebut akan menempel di dinding kandung kemih dan menyebabkan infeksi. Masyarakat Indonesia biasa menyebut penyakit ini dengan istilah “anyang-anyangan.”

Untuk mengatasi/mengobati anyang-anyangan (ISK), Anda bisa memanfaatkan habbatussauda. Caranya adalah, konsumsilah setiap hari antara 1-2 sdt (sendok teh).

46. Mengatasi menstruasi tidak teratur

Bagi Anda wanita yang sering mengalami siklus menstruasi tidak teratur, Anda bisa mencoba mengatasinya dengan menggunakan minyak jintan (minyak Habbatussauda). Menurut penelitian, minyak ini juga bermanfaat untuk mengobati berbagai gangguan ginekologi lainnya pada perempuan seperti: keputihan, masalah pada rahim, hingga sakit perut akibat menstruasi juga bisa diatasi dengan bahan alami ini. Namun manfaat utamanya adalah untuk mengatur siklus menstruasi agar bisa menjadi lebih teratur.

Produk Habbatussauda

produk habbatussauda

Brand: Habbasyi Oil
Variasi ukuran: 210 Kapsul, 100 Kapsul, & 75 Kapsul
Ijin Resmi BPOM: POM TR. 103 317 441
Diproduksi oleh: PT. Habbatussauda Internasional
Didistribusikan oleh: PT. Habbasyi Niaga Utama
Manfaat: Untuk menjaga kesehatan dan mengobati berbagai penyakit
Lihat detail: KLIK DI SINI